TAXONOMI TUJUAN PENDIDIKAN (BLOOM, KARTHWORL, SIMPSON)

Jenjang Istilah yang Digunakan:

Bidang Kemampuan Intelek / Pengetahuan (Cognitive Domain)

1. Pengetahuan (Knowledge)

a. Istilah untuk TIU

  • Tahu istilah-istilah umum
  • Tahu hal-hal terperinci
  • Tahu metode dan prosedur
  • Tahu konsep-konsep dasar
  • Tahu prinsip-prinsip

b. Istilah untuk kata kerja dasar TIK

  • Mendefinisikan (defines)
  • Melukiskan (describes)
  • Memberi nama (labels)
  • Mencocokkan (matches)
  • Menamakan (names)
  • Membuat garis besar (out lines)
  • Menyatakan kembali (reproduces)
  • Memilih (select)
  • Menyatakan (states)

2. Pemahaman (Comprehension)

a. Istilah untuk TIU

  • Memahami fakta dan prinsip
  • Menginterprestasikan secara lisan
  • Menginterprestasikan bagan grafik
  • Mengubah bahan tulisan kata-kata menjadi rumus
  • Memperkirakan akibat-akibat yang akan terjadi
  • Membenarkan metode dan prosedur

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Mengubah (converts)
  • Mempertahankan (defends)
  • Membedakan (distinguishes)
  • Memperkirakan (estimates)
  • Menjelaskan (explains)
  • Menyatakan secara luas (extends)
  • Menarik kesimpulan umum (generalizes)
  • Memberi contoh (gives examples)
  • Menarik kesimpulan (infers)
  • Melukiskan dengan kata-kata sendiri (paraphrases)
  • Meramalkan (predicts)
  • Menuliskan kembali (re write)
  • Menyimpulkan (summarizes)

3. Penerapan (Application)

a. Istilah untuk TIU

  • Menerapkan konsep dan prinsip terhadap situasi-situasi yang baru
  • Menerapkan hokum dan teori pada situasi praktis
  • Memecahkan persoalan-persoalan matematis
  • Mengkomunikasikan bagan dan grafik

b. Istilah untuk TIK

  • Mengubah (changes)
  • Menghitung (computes)
  • Mendemonstrasikan (demonstrates)
  • Menemukan (discovers)
  • Mengerjakan dengan teliti (manipulates)
  • Membuat modifikasi (modifies)
  • Menjalankan (operates)
  • Meramalkan (predicts)
  • Menyediakan (prepares)
  • Menghasilkan (produces)
  • Menghubungkan (relates)
  • Menunjukan (shows)
  • Memecahkan (solves)
  • Menggunakan (uses)

4. Analisis

a. Istilah untuk TIU

  • Mengenali anggapan yang tidak dinyatakan
  • Mengenali kesalahan logika dalam memberi alas an
  • Membedakan antara fakta dan kesimpulan
  • Mengevaluasi hubungan antara data
  • Menganalisa struktur organisasi suatu karya

b. Istilah untuk TIK

  • Memecahkan, menguraikan (breaks down)
  • Membuat diagram (diagrams)
  • Membeda-bedakan (differentiates)
  • Memisah-misahkan (discriminates)
  • Membedakan (distinguish)
  • Mengidentifikasi (identifies)
  • Menggambarkan (illustrates)
  • Menarik kesimpulan (infers)
  • Membuat garis besar (out lines)
  • Menunjuk (point out)
  • Menghubungkan (relates)
  • Memilih (selects)
  • Memisahkan (separates)
  • Memerinci (subdivides)

5. Sintesis (synthesis)

a. Istilah untuk TIU

  • Menulis suatu tema yang tersusun baik
  • Memberi ceramah tersusun baik
  • Menulis suatu naskah pendek yang kreatif
  • Mengusulkan suatu rencana untuk suatu percobaan
  • Mengintregasikan pelajaran dari berbagai bidang ke dalam suatu rencana untuk memecahkan suatu masalah
  • Merumuskan suatu bagan untuk menggolongkan objek kajadian-kejadian atau pikiran

c. Istilah untuk TIK

  • Menggolong-golongkan (categorizes)
  • Menggabungkan (compiles)
  • Menyusun (composes)
  • Mencipta (creates)
  • Mencipta rencana (devices)
  • Merancang (designs)
  • Menjelaskan (explains)
  • Membangkitkan (generates)
  • Merencanakan (plans)
  • Menyusun kembali (re-organisizes)
  • Merevisi (revises)
  • Menulis kembali (re-write)
  • Menyimpulkan (summarizes)
  • Menceritakan (tells)
  • Menulis (writes)

6. Evaluasi (Evaluation)

a. Istilah untuk TIU

  • Menimbang konsistensi yang logis dari bahan tertulis
  • Menimbang seberapa jauh kesimpulan disokong oleh data
  • Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan criteria intern
  • Menimbang nilai suatu karya dengan menggunakan suatu tetapan luar yang baik

b. Istilah untuk TIK

  • Menilai (appraises)
  • Memperbandingkan (compares)
  • Menyimpulkan (concludes)
  • Mempertentangkan (contracts)
  • Mengkritik (criticizes)
  • Melukiskan (describes)
  • Membeda-bedakan (distinguishes)
  • Menjelaskan (explains)
  • Mempertimbangkan kebenaran (justifies)
  • Menginterprestasikan (interprets)
  • Menghubungkan (relates)
  • Menyimpulkan (summarizes)
  • Menyokong (supports)

Bidang Sikap (Affective Domain)

1. Kemauan menerima (receiving)

a. Istilah untuk TIU

  • Mendengarkan dengan perhatian
  • Menunjukkan kesadaran akan pentingnya belajar
  • Menunjukkan sensitifitas akan keperluan manusia dan persoalan-persoalan masyarakat
  • Menerima berbagai kebiasaan
  • Menerima segala integritas dengan baik

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Bertanya (asks)
  • Memilih (chooses)
  • Mengikuti (follows)
  • Melukiskan (describes)
  • Memberi (gives)
  • Berpegang teguh (holds)
  • Melokalisir (locates)
  • Mengidentifikasi (identifies)
  • Memberi nama (names)
  • Menunjuk (points out)
  • Memilih (selects)
  • Duduk tegak (sits erect)
  • Menjawab (replies)
  • Menggunakan (uses)

2. Kemauan menanggapi (responding)

a. Istilah untuk TIU

  • Melengkapi pekerjaan rumah yang ditentukan
  • Mentaati peraturan-peraturan sekolah
  • Ikut serta dalam diskusi-diskusi sekolah
  • Melengkapi karya laboratory
  • Suka rela melaksanakan tugas-tugas khusus
  • Menyukai menolong orang lain

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Menjawab (answers)
  • Membantu (assists)
  • Menghimpun (complies)
  • Menyesuaikan (conform)
  • Memperbincangkan (discuses)
  • Menyambut (greets)
  • Menolong (helps)
  • Mempertunjukkan (performs)
  • Mempraktekkan (practices)
  • Mengemukakan (presents)
  • Membaca (reads)
  • Mendeklamasikan (recites)
  • Memilih (selects)
  • Memberitakan (tells)
  • Menuliskan (writes)

3. Berkeyakinan (Valuing)

a. Istilah untuk TIU

  • Menunjukkan kepercayaan akan proses demokrasi
  • Menghargai kepustakaan dengan baik
  • Menghargai peranan pengetahuan (lain subjek) dalam kehidupan masyarakat
  • Menunjukkan perhatian dan kesejahteraan orang lain
  • Menunjukkan sikap pemecahan masalah
  • Menunjukkan rasa wajib terhadap perbaikan masyarakat

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Melengkapi (completes)
  • Menggambarkan (describes)
  • Menjelaskan (explains)
  • Mengikuti (follows)
  • Membeda-bedakan (differentiates)
  • Membentuk (forms)
  • Memprakarsai (initiates)
  • Mengajak (invites)
  • Bekerja sama (joins)
  • Mempertimbangkan kebenaran (justifies)
  • Mengusulkan (proposes)
  • Membaca (reads)
  • Melaporkan (reports)
  • Memilih (selects)
  • Mempelajari (studies)

Bertukar pengalaman (shares)

4. Penerapan Karya (Organization)

a. Istilah untuk TIU

  • Mengenal perlunya keseimbangan antara kebebasan dan tugas tanggung jawab dalam demokrasi
  • Mengenal peranan perencanaan yang sistematis dalam pemecahan masalah
  • Menerima tanggung jawab akan perilakunya sendiri
  • Merumuskan rencana kehidupannya yang selaras dengan kemampuannya, perhatiannya, dan keyakinannya

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Terikat (adheres)
  • Mengubah (alters)
  • Mangkombinasikan (combines)
  • Melengkapi (completes)
  • Mempertahankan (defends)
  • Menjelaskan (explains)
  • Menarik kesimpulan
  • Mengidentifikasi (identifies)
  • Mengintegrasi (integrates)
  • Membuat modifikasi (modifies)
  • Menyusun (orders)
  • Mengorganisasi (organizes)
  • Mempersiapkan (prepares)
  • Menghubungkan (relates)
  • Mensintetis (synthesis)

5. Ketekunan, Ketelitian (Characteristic by a value or value complex)

a. Istilah untuk TIU

  • Menunjukkan keinsafan yang benar
  • Menunjukkan kepercayaan diri untuk bekerja sendirian
  • Mempraktekkan kerja sama untuk aktifitas golongan
  • Menggunakan langkah-langkah objektif dalam memecahkan masalah
  • Menunjukkan ketekunan, ketelitian, dan disiplin pribadi
  • Mempertahankan kebiasaan yang sehat

b. Istilah kata kerja TIK

  • Bertindak (acts)
  • Membeda-bedakan (discriminates)
  • Memperagakan (displays)
  • Mempengaruhi (influence)
  • Mendengarkan (listens)
  • Membuat modifikasi (modifies)
  • Mempertunjukkan (performs)
  • Mempraktekkan (practices)
  • Mengusulkan (proposes)
  • Mencapai keahlian (qualifies)
  • Mempersoalkan (question)
  • Merevisi (revises)
  • Melayani (serves)
  • Memecahkan (solves)
  • Menggunakan (uses)
  • Memeriksa kebenaran (verifies)

Bidang Psikomotor (Psychomotor Domain)

1. Persepsi (perseption)

a. Istilah untuk TIU

  • Mengenal kegagalan pemakaian/kerusakan mesin dan suaranya
  • Menghubungkan rasa makanan dengan kebutuhan bumbunya
  • Menyelaraskan musik dengan gerak tarian tertentu
  • b. Istilah kata kerja untuk TIK
  • Memilih (chooses)
  • Melukiskan (describes)
  • Mendeteksi (detects)
  • Membedakan (differention)
  • Mengenal (identifies)
  • Memisahkan (isolates)
  • Memilih (selects)

2. Kesiagaan (set)

a. Istilah untuk TIU

  • Mengetahui langkah-langkah untuk melicinkan kayu
  • Mendemonstrasikan posisi badan yang tepat untuk memukul bola
  • Menunjukkan keinginan mengetik secara efisien

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Memulai (begins)
  • Mempertontonkan (displayed)
  • Menjelaskan (explains)
  • Memindahkan (moves)
  • Meneruskan (proceed)
  • Bereaksi (reacts)
  • Menjawab (response)
  • Menunjukkan (shows)
  • Memulai (starts)
  • Bersukarela (volunteers)

3. Respon Terarah (Guide Response)

a. Istilah untuk TIU

  • Memukul bola golf sebagaimana telah didemonstrasikan
  • Meletakkan plaster pertolongan sebagaimana telah didemonstrasikan
  • Menentukan urutan yang paling baik menyiapkan makanan

b. Istilah kata kerja TIK

  • Memasang (assembles)
  • Menyesuaikan (builds)
  • Membangun (constructs)
  • Membongkar (dismantles)
  • Mempertontonkan (displays)
  • Membedah (dissects)
  • Mengikatkan (fastens)
  • Membetulkan (fixes)
  • Menggiling (grinds)
  • Memanaskan (heats)
  • Mengerjakan (manipulates)
  • Mengukur (measures)
  • Menambal (mends)
  • Mencampur (mixes)
  • Mensketsa (sketches)
  • Mengerjakan (works)

4. Mekanisme (Mechanism)

a. Istilah untuk TIU

  • Menulis rapi dan dapat dibaca
  • Memasang alat-alat laboratorium
  • Menjalankan projector slide
  • Mendemonstrasikan langkah tarian sederhana

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • (serupa dengan daftar respon terarah)

5. Respon Nyata yang Komplek (Complex Overt Response)

a. Istilah untuk TIU

  • Menggunakan gergaji listrik dengan terampil
  • Mendemonstrasikan cara yang paling benar dalam berenang
  • Mendemonstrasikan keterampilan dalam mengendarai mobil
  • Memainkan biola dengan terampil
  • Mereparasi alat listrik dengan cepat dan tepat

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • (serupa dengan daftar respon terarah)

6. Adaptasi (Adaptation)

a. Istilah untuk TIU

  • Menyesuaikan cara bertennis dengan cara penantang
  • Merubah cara berenang sesuai dengan gelombang air

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Menyesuaikan (adapts)
  • Mengubah (alters charges)
  • Mengatur kembali (re-ranges)
  • Mengatur kembali (re-organizes)
  • Merivisi (revises)
  • Memvariasikan (varies)

7. Organisasi Penciptaan yang Baru (Origination)

a. Istilah untuk TIU

  • Menciptakan langkah tarian
  • Menciptakan komposisi musical
  • Merancang stel pakaian baru

b. Istilah kata kerja untuk TIK

  • Mengatur (arranges)
  • Mengubah (composed)
  • Mengkombinasikan (combines)
  • Membangun (constructs)
  • Menciptakan (creates)
  • Merancang (designs)
  • Memulai (originates)

Sunber :

KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

PUSAT KURIKULUM

(Materi Workshop Kurikulum KTSP Sekolah Dasar Tingkat Provinsi Jatim Tahun 2011)