Dana Alokasi Khusus Tahun 2009

Pendidikan di Indonesia masih memerlukan sarana dan prasarana pendidikan yang memedai. Sering kali kita mendengar berita sekolah ambruk dan rusak gedungnya, sehingga sangat mengganggu pembelajaran di sekolah tersebut. Dan beberapa kali kita juga mendengar berita bahwa ada gedung sekolah yang digusur kerena status kepemilikan tanahnya tidak jelas. Hal ini menambah betapa bobroknya kondisi pendidikan di Indonesia.

Di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Susilo Bambang Yudoyono, pendidikan di Indonesia cukup mendapatkan perhatian. Hal ini dapat kita lihat dengan dinaikkannya anggaran pendidikan menjadi 20% dari jumlah anggaran belanja negara. Salah satu wujud perhatian pemerintah tersebut dengan adanya Program Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah program pemerintah yang dirujukan untuk perbaikan gedung sekolah, mck, rumah dinas guru, dan pengadaan sarana pendidikan antara lain komputer, mebelair, buku perpustakaan, serta media pembelajaran.

Besarnya dana DAK untuk tahun anggaran 2007 dan 2008 tiap lembaga sekolah dasar (SD) Rp. 250.000.000,- yang dikelola sendiri oleh sekolah penerima DAK, yakni pihak sekolah bekerja sama dengan komite sekolah. Dengan diserahkannya dana serta proses pelaksanaan pembangunan gedung ini sebenarnay sangat menguntungkan. Mengapa menguntungkan? Karena sekolah bersama komite sekolah dapat merencanakan sendiri, sekolah dapat membeli bahan bangunan yang akan digunakan dengan kualitas yang baik serta dapat mengadakan pengawasan secara langsung.

Terkadang ada suatu sekolah yang kesulitan merealisasikan pembangunan sekolah tersebut karena tidak terbiasa melaksanakan suatu proyek yang dibatasi oleh biaya dan waktu. Realita yang muncul di lapangan antara lain dana tidak sesuai dengan kebutuhan karena naiknya bahan-bahan bangunan sehingga mengabaikan kualitas terutama untuk tahun anggaran 2008 karena naiknya harga yang dipnagruhi oleh krisis global alias naiknya nilai dolar terhadap rupiah, repot juga dalam pelaporan dan terbatasnya waktu.

Untuk Tahun anggaran 2009 di kecamatan Tutur kabupaten Pasuruan ada 17 lembaga SD yang akan mendapat dana DAK atau semacam itu dengan nilai dana yang lebih besar dibandingakan dengan tahun 2008.

Namun demikian DAK adalah salah satu program pemerintah yang cukup bagus untuk memperbaiki kondisi pendidikan di Indonesia.Dengan kondisi banguna yang bagus serta adanya sarana pendidikan yang cukup lengkap, sedikit banyak akan mempengaruhi prestasi belajar siswa bahkan siswa termotivasi untuk belajar.


By : Abdul Azis Guru SDN Andonosari 4
Kec. Tutur Kab. Pasuruan Jatim


Bookmark and Share